Cara Mudah Mengatasi Sayangnya Google Play Telah Berhenti

Posted on

Sayangnya Google Play Telah Berhenti – Bila anda pengguna hape android sudah tentu memiliki aplikasi besutan google yaitu play store yang merupakan gudangnya dan tempat mangkirnya seluruh aplikasi berbasis android. Bisa diibaratkan play store merupakan sebuah toko penyedia berbagai jenis aplikasi baik itu apps game, edit foto, social media, buku berbasis android, tips dan lain sebagainya yang disedikan secara gratis maupun berbayar.

Memiliki aplikasi play store sudah diwajibkan pada saat anda mengaktifkan android yang baru dibeli, karena apps play store ini sinkron dengan google akun dan diwajibkan memakai email gmail. Baca : Cara Menghapus Aplikasi Android.

Dan dari banyaknya pengguna android tidak sedikit pula yang mengalami kendala pada saat mendowload maupun membuka play store ini dan terkadang muncul pesan error yang mengatakan “ Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti “ atau bila settingan bahasa android anda menggunakan bahasa inggris yaitu “Unfortunately Google Play Store Has Stopped”, “Google Play Store Has Been Stopped” dari pesan tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa, aplikasi play store mengalami masalah dan paling sering disebabkan oleh lelet nya sebuah android atau anda membuka terlalu banyak aplikasi sehingga daya RAM tidak cukup untuk menampungnya serta File Cache, error pada Aplikasi.

Sayangnya Google Play Telah Berhenti

Kendala ini bisa saja terjadi kesemua tipe dan merek android seperti Samsung Galaxy, Smartfreen, Lenovo, Asus, Xiomi, HTC, LG, Advan, Sony Xperia, Oppo, serta merek smartphone Android lainnya, bahkan tidak luput terkena ke spek tertinggi sekalipun.

Jika anda mengalami kendala Sayangnya Google Play Store Telah Berhenti, https://www.haidro.com/ akan memberikan solusi bagaimana cara mengatasi dan memperbaikinya dengan mudah, ikuti cara-cara dibawah ini dengan seksama :

Cara Pertama : 

Hapus File Cache terdapat pada google play store 

Dengan cara ini akan merefres kembali sebuah aplikasi, bisa dikatakan cache merupakan sebuah sampah aplikasi yang tidak terpakai.

Cara menghapus nya :

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Cari “Google Play Store” »Kemudian tap “Hapus Cache”.

Cara Kedua : 

Hentikan aplikasi secara paksa dan buka kembali 

Bila menghentikan secara paksa juga tidak manjur, alangkah baiknya uninstall aplikasi play store yang lama dan install kembali dengan aplikasi yang baru.

Buka menu Pengaturan » Setelan Tambahan » Manajemen Aplikasi » Semua » Cari “Google Play Store” » Kemudian tap “Paksa Berhenti

Cara ketiga : 

Periksa apakah Apps Play Store perlu diupdate 

Bisa anda cek pada menu pengaturan aplikasi, disana akan tertera beberapa aplikasi yang perlu diupdate.

Cara keempat : 

Matikan & Restart hape android anda 

Disarankan pada saat dimatikan, cabut baterai android anda, jika memakai baterai tanam cukup merestart saja, karena dengan merestart sebuah android akan mematikan beberapa aplikasi yang berjalan sehingga proses RAM yang tadinya padat akan terasa ringan.

Cara Kelima : 

Uninstal Aplikasi Play Store versi Lama. 

Bila seluruh cara diatas tidak manjur, sangat disarankan menghapus/menguninstal play store versi dan mendownload kembali versi yang lawas dengan cara ini saya yakin 100% masalah “sayangnya google play telah berhenti” akan teratasi.

Itulah beberapa cara yang menurut saya mudah mengatasi permasalahan google play store yang secara tiba-tiba berhenti. Semoga dengan artikel ini dapat member solusi mengenai permasalahan android anda.